Bisnis Waralaba "Chatime"
TUGAS ANALISIS WARALABA YANG ADA DI KOTA PALEMBANG
Disusun Oleh :
Nursiti Hardiyanti
NPM : 1721200094
Dosen Pembimbing : Charisma Ayu Pramuditha, B.Tech. Mgt, MHRM
Analisis Bisnis Waralaba yang ada di Palembang
“Chatime”
Lokasi Cabang Dermaga Point
- Nama Waralaba Waralaba yang akan dibahas dalam postingan kali ini adalah "Chatime". Chatime merupakan waralaba di bidang minuman. Chatime menawarkan berbagai jenis minuman teh, kopi, dan jus dengan tambahan topping yang bervariasi, salah satu yang menjadi ciri khas nya adalah bubble. Saya memilih waralaba Chatime ini karena dari pantauan saya Chatime merupakan salah satu minuman yang paling digemari di Palembang dan memiliki potensi yang besar.
- Sejarah WaralabaChatime merupakan bisnis minuman yang berasal dari Taiwan yang telah berdiri sejak tahun 2003. Chatime sendiri berasal dari kata "cha" yang dalam bahasa Mandarin artinya teh dan "time". Jadi Chatime artinya waktu teh atau waktu untuk minum teh. Di waktu santai orang-orang bisa menikmati minuman Chatime baik muda maupun tua.Tujuan perusahaan Chatime adalah menjadikan produk Chatime paling digemari dan disukai di seluruh dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut Chatime menerapkan strategi bisnis waralaba. Dengan sistem waralaba ini Chatime berhasil menembus pasar internasional. Terbukti saat ini Chatime telah memiliki ratusan outlet yang tersebar di seluruh dunia dan paling banyak berada di Taiwan, Jepang, Malaysia, Indonesia, dan negara berkembang lainnya.
Di Palembang sendiri Chatime telah memiliki total 6 cabang, yaitu cabang Palembang Trade Center. Palembang Square, Palembang Indah Mall, Palembang Icon, OPI Mall, dan Dermaga Point.
- Penghasilan Waralaba
Berdasarkan data wawancara terhadap pegawai Chatime cabang Dermaga Point Palembang pada bulan Oktober 2018, berikut penghasilan yang diperoleh dari waralaba Chatime :
Rata-rata Chatime dapat menjual 260 cup per hari. Dimana satu cup dijual dengan harga Rp 30.000,00. Jadi dalam satu hari penghasilan yang didapatkan mencapai 260 cup x Rp 30.000,00 = Rp 7.800.000,00. Untuk penghasilan 1 bulannya mencapai Rp 7.800.000,00 x 30 hari = Rp 234.000.000,00.
- Analisis SWOT
- Stengthness
- Merek yang dikenal
Chatime memiliki merek yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia termasuk masyarakat Kota Palembang. Nah, hal ini menjadi salah satu keunggulan Chatime yang membuatnya patut dicoba. - Selalu membuat promosi baru dan diskon
Chatime tidak pernah henti-hentinya memberikan promosi. Mulai dari potongan langsung dengan poin kartu member, promosi hari raya, promosi hari libur nasional, promosi awal bulan, promosi potongan harga dengan kerjasama perusahaan ojol, dll. - Memiliki design interior yang bagus
Chatime memiliki nuansa tempat berwarna ungu, kemudian dari tampilan tempat Chatime memiliki konsep yang simple tapi akan menimbulkan kesan mewah. - Weaknesses
- Harganya termasuk tinggi untuk negara berkembang
Minuman Chatime dibanderol seharga 25-30 ribuan per cup nya. Sedangkan kalau kita liat produk pesaing seperti minuman Thai tea hanya dibanderol seharga 10-15 ribuan. - Terkadang overload capacity
Karena banyaknya permintaan, terkadang pembeli harus menunggu lebih lama. Hal ini dikarenakan fasilitas pembuatan minuman tiap outlet terbatas. - Oportunities
- Perluasan (extense)
Karena Chatime menggunakan startegi bisnis waralaba, hal ini dapat membantu perluasan cabang ke berbagai daerah. - Tempat strategis
Kalau diperhatikan, outlet Chatime kebanyakan berada di mall. Dimana, mall merupakan salah satu tempa yang strategis untuk berjualan minuman. Terutama jika outlet berdekatan dengan tempat belanja. Di saat orang-orang mulai lelah berkeliling, mereka bisa mampir untuk membeli minuman. - Menjual berbagai rasa
Chatime menjual minuman mulai dari yang original, menggunakan topping, ataupun tanpa topping. Hal ini sangat menguntungkan karena apabila suatu ketika bahan baku habis, Chatime mampu menawarkan variasi rasa yang lain untuk dijual. - Threats
- Tingginya kompetisi penjualan minuman
Tentu saja hal ini sudah pasti, apalagi di zaman saat ini yang sudah modern dan orang kreatif makin banyak. Banyak sekali pendatang-pedatang baru yang mampu menawarkan produk minuman yang lebih enak, lebih murah, dan lebih banyak. - KesimpulanChatime merupakan salah satu minuman top brand yang ada di Indonesia karena sudah dikenal banyak orang. Chatime sendiri menjalankan bisnisnya melalui strategi waralaba. Dimana berdasarkan analisis SWOT di atas terlihat bahwa Chatime merupakan bisnis yang layak dicoba meskipun ada beberapa kendala yang masih harus diatasi. Tetapi di luar dari itu semua, Chatime merupakan bisnis yang berpotensi tinggi dan layak dicoba.
Berapa harga frenchise chatime ya ?
BalasHapusBagaimana cara ikut jd mitra chatime??
BalasHapusBrp hrg total franchise chatime
BalasHapusBerapa harga franchisenya bosku
BalasHapusBerapa modal yg harus keluar dan bagaimana cara nya bisa menjadi mitra chatime
BalasHapusSy minat. Br0 frenchisenya kak?
BalasHapusBrp ka total klo bka franchise chatime, dan bagaimana caranya?
BalasHapusApa saja yang harus dipersiapkan untuk buka frenchise?
BalasHapusHallo kak, gmna cara menjadi mitra chatime?sya berminat
BalasHapusSaya ingin gabung di chatime bagimana caranya
BalasHapusSaya ingin tahu apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan finansial Anda? Saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi Tn. Pedro Jerome (pedroloanss@gmail.com Whatsapp +393510140339) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk mendapatkan bantuan keuangan, jadi saya sangat yakin bahwa Tn. Pedro dapat membantu dengan layanan pinjaman suku bunga 2% kepada siapa pun di sini yang mencari pinjaman.
BalasHapusTerima kasih sekali lagi karena telah mengizinkan saya menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberi Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi para pembaca Anda.
Jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat meminta maaf sebelumnya.
Salam Hormat Saya,
Anya Bennett.