Laporan Kunjungan ke Pabrik Napolly Palembang - STIE MDP


LAPORAN HASIL KUNJUNGAN
PT. CAHAYA MURNI SRIWINDO
(NAPOLLY)




Disusun oleh Kelompok 5 :
1.         Nursiti Hardiyanti
2.         Sonia Wanda Aprilia
3.         Sheva Desvi
4.         Irwansyah
5.         Kurnia Akbar

Mata Kuliah : Lingkungan Bisnis
Dosen Pembimbing : Charisma Ayu Pramudhita, B.Tech, Mgt., MHRM
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Multi Data Palembang
Semester 3
Tahun Ajaran 2018-2019



                                                                                                                                                       I.            PENDAHULUAN

·         Profil Perusahaan
Nama Perusahaan        : PT. Cahaya Murni Sriwindo
Alamat                         : Sako
Kota                             : Palembang
Provinsi                       : Sumatera Selatan
Hasil Produksi             : busa dan  furniture plastik (meja belajar, lemari, kursi, dll)

·         Perkembangan Perusahaan
Pabrik Napolly yang saat ini berdiri di Sako didirikan pada tahun 90an. Awal pabrik berdiri lokasi di sekitarnya masih banyak hutan sehingga akses ke sana pun dulu tidak semudah saat ini. Setelah berhasil dengan pabrik yang berada di Palembang, perusahaan pun memperluas cabang pabriknya ke seluruh Indonesia termasuk juga Indonesia bagian timur. Tingginya permintaan pasar terhadap furniture membuat Napolly dipercaya Disney untuk memonopoli desain tertentu seperti frozen, ben10, hello kitty, dan masih banyak lagi.

                                                                                                                                                       II.            PEMBAHASAN

·         Analisis SWOT Perusahaan
Analisis SWOT berguna untuk melihat kelebihan dan kekurangan dari perusahaan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan perusahaan di masa kini dan masa yang akan datang. Berikut analisis SWOT Napolly :
ü  Strenght
Produk Napolly sudah dikenal oleh banyak masyarakat, dikenal memiliki review yang baik dari masyarakat, sehingga memudahkan Napolly untuk mengambil hati masyarakat untuk mempromosikan produknya.

ü  Weakness
Sejauh ini Napolly hanya mendistribusikan barangnya secara konvensional. Sedangkan perusahaan pesaing sudah mulai memperomosikan secara online yang menyebabkan Napolly tertinggal selangkah dibelakang dengan pesaingnya.

ü  Oportunity
Memiliki produk yang sudah dikenal oleh masyarakat luas serta pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia memberikan peluang bagi Napolly untuk menargetkan pasar dari semua golongan dan seluruh pelosok tempat baik ke perdesaan ataupun ke luar negeri.

ü  Threats
Tidak semua mesin dan bahan baku yang digunakan berasal dari Indonesia. Ada beberapa yang diimpor dari luar negeri, maka ketika mesin rusak butuh waktu yang lebih lama untuk perbaikannya. Dan untuk bahan baku, jika rupiah melemah hal itu akan membuat biaya produksi menjadi lebih mahal

·         Cara Pemasaran Perusahaan
Napolly memasarkan produknya dengan berbagai cara. Contohnya untuk menjual busa biasanya konsumen bisa langsung datang ke pabrik tapi untuk jumlah besar biasanya diantarkan langsung ke tempat konsumen. Napolly juga mendistribusikan barangnya langsung ke toko-toko di pasar sesuai jumlah orderan yang masuk. Orderan yang diterima bisa melalui telepon ataupun, datang langsung, ataupun distributor.

·         Cara Pengelolaan SDM
Dari semua total jumlah pegawai di pabrik tersebut sebagian besar buruh berasal dari daerah setempat yang tinggal di dekat pabrik. Hal itu dilakukan Napolly agar pegawai yang datang bisa tepat waktu. Dengan merekrut warga sekitar juga baik untuk mengurangi jumlah pengangguran di daerah tersebut dan warga sekitar biasanya lebih mengerti kondisi daerah setempat. Jadi, kalau ada masalah di daerah sekitar, pihak pabrik bisa mengetahuinya dan mempersiapkan hal yang mungkin terjadi.

·         Cara Pengelolaan Operasional
Pabrik Napolly menerapkan jam kerja dari senin-sabtu. Hari minggu kegiatan operasional pabrik diliburkan. Pada hari senin-jum’at jam kerja dimulai dari jam 8 pagi sampai 4 sore. Hari sabtu jam kerja dimulai dari jam 8 pagi sampai 3 sore. Sebagian besar operasional tidak ada pergantian shift, kecuali beberapa kegiatan yang memerlukan waktu yang lama.

·         Cara Quality Control Perusahaan
Untuk memastikan produk yang diproduksi oleh pabrik sesuai dengan yang diharapkan atau tidak cacat, maka di setiap proses pembuatan selalu ditugaskan tiap orang yang akan menguji apakah produk tersebut ada yang cacat atau yang tidak. Jika produk yang cacat berasal dari bahan plastik, produk tersebut akan disisihkan dan didaur ulang. Tetapi untuk produk yang tidak bisa didaur ulang akan dibuang.


·         Cara Meningkatkan Creativity & Inovasi Perusahaan
Manajer pabrik mengatakan pihak mereka terus berusaha meningkatkan dan mengembangkan ide-ide baru yang baik bagi perusahaan. Mereka menyediaka tim-tim khusus untuk memantau kondisi pasar, tentang hal apa yang saat ini sedang menjadi tren. Dan mereka juga mengadakan pertemuan dengan pihak-pihak lain di luar perusahaan yang memiliki bidang yang sama untuk bertukar pikiran menciptakan suatu inovasi bagi perusahaan.

                                                                                                                                                              III.            PENUTUP
·         Kesimpulan
Hampir semua produk furniture plastic yang ditemukan di pasar merupakan produksi Napolly. Hal itu menunjukkan Napolly mampu untuk menjaga kualitas mereka agar tetap menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia. Dengan tim operasioanal dan pemasaran yang kompak Napolly mampu memenuhi jumlah produk sesuai dengan permintaan pasar dengan cukup baik.

·         Saran & Inovasi
Menurut kelompok kami, dari sisi operasioanl Napolly sudah bisa dikatakan bagus. Karena merupakan produksi padat karya dalam pembuatannya mereka tidak bisa menggunakan mesin semua, oleh karena itu harus ada bantuan manusia. Di sini Napolly berhasil memiliki SDM yang cekatan dalam bekerja.
Dari sisi pemasaran kami menyarankan agar Napolly bisa menembus pasar online. Aktifkan website Napolly atau bekerja sama dengan e-commerce dengan cara mendirikan official platform di e-commerce yang bersangkutan.



Video Dokumentasi Kunjungan 11 Desember 2018


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Waralaba "Chatime"

Review Jurnal (TUGAS MSDM Lanjutan)