CSR (Corporate Social Responsibility) atau Tanggung Jawab Sosial PT Bank Mandiri Tbk

Analisis Permasalahan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan/ CSR PT Bank Mandiri Tbk




Disusun Oleh :
Nursiti Hardiyanti
Manajemen 1B Angkatan 2017
NPM : 1721200094






Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi MDP Palembang


Kata Pengantar

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Puji dan syukur saya panjatkan karena berkat ridho-Nya lah tugas ini dapat dibuat. Tidak lupa pula saya sampaikan terima kasih kepada orang tua, teman-teman, dan Ibu Charisma yang telah banyak membantu saya dalam menyelesaikan tugas ini.
Adapun tugas yang saya buat kali ini berjudul “Analisis Permasalahan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan/ CSR PT Bank Mandiri Tbk". Dengan tujuan untuk memenuhi nilai tugas yang diberikan oleh Ibu Charisma selaku dosen Pengantar Bisnis saya.
Tak ada hal yang sempurna di dunia ini kecuali Tuhan YME. Begitu pula dengan tugas yang saya buat ini. Sesungguhnya saya juga masih belajar untuk menjadi lebih baik lagi. Maafkanlah apabila terdapat banyak kekurangan dan hal-hal yang kurang tepat.
Demikianlah tugas ini saya buat. Mudah-mudahan tugas ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi semua pembaca. Terima Kasih.




Palembang, Oktober 2017

Penyusun









Daftar Isi

Judul dan Cover Makalah........................................................................................................................1
Kata Pengantar........................................................................................................................................2
Daftar Isi..................................................................................................................................................3
Bab 1 Pendahuluan..................................................................................................................................4
1.1Latar Belakang.......................................................................................................................4
1.2Rumusan Masalah..................................................................................................................4
1.3Tujuan....................................................................................................................................4
Bab 2 Isi..................................................................................................................................................4
2.1 Pengertian CSR.....................................................................................................................4
2.2 Peran CSR.............................................................................................................................5
2.3 Manfaat CSR.........................................................................................................................5
2.4 Hukum yang Mengatur Tentang CSR…...............................................................................5
2.5 Macam-macam Tanggung Jawab Sosial/ CSR.....................................................................6
2.6 CSR PT Bank Mandiri Tbk.…….…………………………………............……………….6
2.7 Analisis CSR PT Bank Mandiri Tbk...................................................................................10
Bab 3 Penutup.......................................................................................................................................12
3.1 Kesimpulan.........................................................................................................................12
3.2 Saran....................................................................................................................................12
Daftar Pustaka.......................................................................................................................................13










Bab 1 Pendahuluan

1.1  Latar Belakang
Seiring banyaknya perusahaan yang berdiri saat ini, tentu banyak pula persaingan yang terjadi di antara perusahaan-perusahaan tersebut. Agar perusahaan-perusahaan tersebut tetap bisa bertahan, mereka harus sadar akan pentingnya hubungan dengan masyarakat. Dari hubungan dengan masyarakat ini, suatu perusahaan bisa mendapatkan dukungan supaya bisa tetap bertahan. Nah, dukungan dari masyarakat ini bisa berupa kepercayaan. Tentu, kepercayaan masyarakat tidak bisa langsung didapatkan. Agar bisa memperoleh kepercayaan masyarakat tersebut, maka perusahaan-perusahaan melakukanlah kegiatan atau hubungan bersama masyarakat melalui sebuah konsep yang dinamakan Corporate Social Responsibility atau biasa disingkat CSR.
Selain itu juga, yang paling utama adalah CSR adalah bentuk kesadaran suatu perusahaan bahwa usaha yang dilakukan perusahaan tersebut memiliki dampak terhadap lingkungan.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Sudahkah PT Bank Mandiri Tbk melakukan CSR?
2.      Seperti apa bentuk CSR yang dilakukan PT Bank Mandiri Tbk?
3.      Apakah CSR yang dilakukan PT Bank Mandiri Tbk sudah baik/ sesuai?

1.3  Tujuan
Tujuan dilakukannya analisis ini agar kita bisa memahami seperti apa konsep Corporate Social Responsibility (CSR) itu melalui salah satu contoh kasus nyata, yaitu PT Bank Mandiri Tbk.

Bab 2 Isi

2.1  Pengertian Corporate Social Responsibility (CSR)
Menurut Wikipedia : Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.
Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", yakni suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya.

2.2  Peran Corporate Social Responsibility (CSR)
Pada dasarnya CSR memiliki peran strategis bagi perusahaan, yaitu sebagai bagian dari manajemen risiko khususnya dalam membentuk katup pengaman sosial (social security). Selain itu melalui CSR perusahaan juga dapat membangun reputasinya, seperti meningkatkan citra perusahaan maupun pemegang sahamnya, posisi merek perusahaan, maupun bidang usaha perusahaan.

2.3  Manfaat Corporate Social Responsibility (CSR)
Manfaat Corporate Social Responsibility (CSR) terbagi menjadi dua, yaitu manfaat bagi masyarakat dan manfaat bagi perusahaan.
1.      Manfaat bagi masyarakat :
Bagi masyarakat CSR bisa menjadi penilaian masyarakat terhadap suatu perusahaan. Masyarakat juga bisa mendapatkan keuntungan berupa bantuan yang telah diberikan oleh perusahaan sebagai upaya peningkatan kehidupan masyarakat agar lebih maju dan baik lagi.
2.      Manfaat bagi perusahaan :
CSR sangat penting bagi perusahaan. Dengan dilaksanakannya program CSR, perusahaan telah mampu mempertanggungjawabkan dari kegiatan usaha yang telah dilakukannya. CSR ini juga mampu membantu menaikkan citra perusahaan, baik dari sudut pandang karyawan, konsmen, masyarakat, kreditur, investor, dan pemerintah. Bila karyawan puas akan CSR yang telah dilakukan suatu perusahaan, maka produktivitas karyawan akan meningkat dan juga bisa meningkatkan penghasilan. Untuk konsumen dan masyarakat CSR sangat penting, apabila nama perusahaan telah baik di mata konsumen maupun masyarakat, maka perusahaan akan disukai oleh masyarakat. Begitu juga untuk kreditur, investor, dan pemerintah. Suatu perusahaan yang melakukan CSR dengan baik, maka akan mendapatkan citra positif dari masyarakat. Kreditur tidak akan ragu untuk meminjamkan uangnya di perusahaan tersebut, investor akan tertarik menanamkan modalnya, dan pemerintah akan mendukung kegiatan perusahaan tersebut.

2.4  Hukum yang Mengatur Tentang CSR di Indonesia
       Terdapat beberapa peraturan di Indonesia yang mengatur tentang pemberlakuan CSR di Indonesia, di antaranya :
1.      Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas
2.      Peraturan pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas
3.      Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal
4.      Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara
5.      Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor 05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan

2.5  Macam-Macam Tanggung Jawab Sosial/ CSR
1.      Tanggung jawab terhadap karyawan
Contohnya suatu perusahaan harus menjamin keselamatan karyawannya dan mencegah tindakan kekerasan dalam bekerja.
2.      Tanggung jawab terhadap pelanggan
Contohnya suatu perusahaan menjamin kualitas produk mereka untuk memuaskan pelanggan. Perusahaan juga membuka layanan konsumen yang berfungsi sebagai penerima keluhan dan saran dari pelanggan.
3.      Tanggung jawab terhadap investor
Contohnya perusahaan menunjukan laporan keuangan secara periodik dan memaksimalkan harga saham.
4.      Tanggung jawab terhadap kreditur
Contohnya perusahaan membayar hutang tepat waktu.
5.      Tanggung jawab terhadap lingkungan
Contohnya suatu perusahaan harus memastikan bahwa usahanya tidak menyebabkan polusi lingkungan.
6.      Tanggung jawab terhadap komunitas
Contohnya perusahaan memberikan sponsorship pada suatu kegiatan masyarakat.

2.6  Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Mandiri Tbk
       Berdasarkan website csr.mandiri.co.id, hingga saat ini banyak sekali kegiatan CSR yang telah dilakukan oleh PT Bank Mandiri Tbk, berikut di antaranya :
1.  Surabaya, 14 September 2014 – Bank Mandiri memberikan bantuan senilai total Rp1,215 miliar untuk mengembangkan sarana kesehatan di wilayah Surabaya, Jawa TImur.
2.  Jakarta, 1 September 2014 – Bank Mandiri menyumbangkan tiga truk sampah kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung pengelolaan sampah di ibukota.


3.   Bank Mandiri memberikan apresiasi senilai Rp2,533 miliar dalam bentuk tabungan kepada guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah berprestasi sebagai realisasi komitmen dalam mengembangkan pendidikan di Tanah Air.


4.    Jakarta, 13 Agustus 2014 – Bank Mandiri memberikan kuliah kewirausahaan kepada 1.650 mahasiswa di 18 Perguruan Tinggi negeri dan swasta di berbagai wilayah Indonesia.


5.    Bank mandiri menggelar acara Mudik Gratis Bersama Bank Mandiri dan PBNU di Jakarta pada Minggu, 20 Juli 2014.


6.      Bank mandiri menggelar Pasar Murah menjelang idul fitri di Markas Paspampres pada Senin, 21 Juli 2014.


7.     Bank mandiri menggelar acara Pasar Murah menjelang idul fitri di Mabes polri Jakarta pada Kamis, 17 Juli 2014.
8.      Jakarta, 11 Juli 2014 – Bank Mandiri menyerahkan bantuan kepada 1.000 anak yatim senilai total Rp370 juta.


9.  Jakarta, 22 Oktober 2015 – Bank Mandiri mendorong pembentukan pemimpin berjiwa wirausaha melalui program Mandiri Edukasi.


10.  Pandeglang, 8 Agustus 2015 – Bank Mandiri menyerahkan air bersih sebanyak 50 tangki (@ 5.000 liter) untuk digunakan warga masyarakat di Kecamatan Kabupaten Pandeglang, Banten untuk membantu masyarakat setempat mengatasi permasalahan krisis air akibat musim kemarau berkepanjangan.


11.  Jakarta, 10 Juli 2015 – Bank Mandiri menggelar pasar murah untuk membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat sekitar wilayah Mabes TNI menjelang hari raya Idul Fitri 1436 H.
12.  Yogyakarta, 20 Desember 2014 – Bank Mandiri memperkenalkan Lexipal, sebuah aplikasi cara pendidikan terbaru untuk membantu orang tua dan tenaga medis mempermudah anak  Dyslexia belajar. 


13.  Jakarta, 8 Juli 2015 – Himpunan Bank-bank milik Negara (Himbara) menggelar buka puasa bersama serta memberikan santunan kepada 1.200 anak yatim piatu di Medan.


14. Jakarta, 3 Oktober 2014 – Bank Mandiri mendirikan inkubator bisnis untuk mengembangkan kewirausahaan di Indonesia. Mandiri Inkubator Bisnis ini nantinya akan menciptakan ekosistem pendukung yang dibutuhkan wirausahaan muda untuk memperkuat bisnis.
15.  Jakarta, 12 Maret 2015 – Ajang Kewirausahaan Mandiri 2014 menghasilkan 20 jawara pengusaha dan inovator muda potensial yang siap berkontribusi aktif dalam membangun Indonesia. Selain penghargaan, para jawara tersebut juga akan mendapatkan bantuan pengembangan bisnis serta pendampingan dalam pengelolaan keuangan dan pemasaran
.

2.7  Analisis CSR PT Bank Mandiri Tbk
       Dari CSR PT Bank Mandiri Tbk yang telah dipaparkan di atas adalah sebagian kecil saja dari CSR yang pernah dilakukan oleh PT Bank Mandiri Tbk karena data aslinya banyak, saya hanya mengambil contoh beberapa dari website resminya. Menurut pendapat saya, CSR yang dilakukan oleh PT Bank Mandiri hingga saat ini telah cukup baik. Dari CSR tersebut juga terlihat berbagai macam tanggung jawab sosial yang terdiri dari enam macam seperti yang telah saya paparkan di bagian teori, yaitu tanggung jawab terhadap karyawan, pelanggan, investor, kreditur, lingkungan, dan komunitas.
       Salah satu contohnya adalah menyumbangkan truk sampah dan menyumbangkan air bersih kepada masyarakat yang merupakan bagian dari CSR terhadap lingkungan.
       Dari analisis saya, CSR PT Bank Mandiri Tbk lebih banyak menekankan pada dunia pendidikan, lingkungan, dan komunitas. Terlihat dari contoh-contoh CSR di atas seperti tabungan berprestasi, pemberian air bersih, mudik gratis, dan pasar murah. Kalau CSR terhadap investor, kreditur, dan karyawan memang tidak terlalu terlihat jelas. Tetapi, sebenarnya dari semua kegiatan yang telah dilakukan inilah secara tidak langsung termasuk CSR kepada investor, kreditor, dan karyawan. Khusus yang CSR terhadap karyawan saya tidak menemukan data yang valid atau resmi dari Bank Mandiri, contohnya seperti adakah asuransi bagi pegawai Bank Mandiri, adakah jaminan bahwa mereka bekerja dengan nyaman dan tidak di bawah tekanan, dll. Tetapi menurut pendapat saya pribadi, sepertinya CSR terhadap karyawan ini ada, hanya saja tidak dipublish atau bisa saja menjadi data internal dari Bank Mandiri
       Kemudian, CSR yang menurut saya adalah salah satu unggulan dari Bank mandiri adalah “Ajang Wirausaha Muda Mandiri”. Kegiatan ini awalnya dimulai pada tahun 2007 yang telah diikuti oleh 36ribu peserta dari seluruh Indonesia. Ajang Wirausaha Muda Mandiri ini adalah sebuah kontes dimana seluruh pengusaha muda yang ada di Indonesia memaparkan proposal tentang usaha yang akan atau sedang mereka rintis. Apabila usaha kita cukup meyakinkan, maka Bank Mandiri akan memberikan kita hadiah berupa tambahan modal. Jadi, dengan adanya kegiatan ini Bank Mandiri mampu untuk membangkitkan antusias jiwa pengusaha muda untuk memulai atau berani memulai usaha.
       Dari pemaparan saya, itu semua adalah kelebihan dari CSR PT Bank Mandiri Tbk. Nah, apakah ada kasus  atau permasalahan yang pernah di alami oleh CSR PT Bank Mandiri Tbk? Seperti korupsi dana CSR atau CSR yang memiliki dampak yang buruk, dsbt. Sejauh dari data yang saya peroleh hingga saat  ini, saya tidak menemukan adanya bentuk penyelewangan dana atau sejenisnya. Tetapi, ada sebuah berita yang baru-baru ini saya baca tentang CSR PT Bank Mandiri yang bersumber dari www.pikiran-rakyat.com. Berita tersebut di posting pada tanggal 24 Oktober 2017, yang berjudul Semburan Lumpur Panas di Parung Ponteng Kagetkan Warga.

SEMBURAN lumpur panas muncul di lokasi pengeboran sumur kedalaman 40 meter di Kampung Sindangrasa, Desa Cigunung, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya.

       Dari berita tersebut kita tahu bahwa masalah yang dihadapi terkadang tidak melulu berasal dari individu seperti penyelewengan dana yang saya sebutkan tadi. Tidak semua niat dan rencana dapat berjalan baik. Buktinya ialah contoh tersebut, Bank Mandiri ingin memberikan bantuan berupa membuat sumur baru bagi masyarakat, tetapi kenyataannya bukannya keluar air justru lumpur panas. Artinya, faktor alam juga turut mempengaruhi.
       Jika yang terjadi demikian, PT Bank Mandiri Tbk tidak boleh lepas tangan. Mereka harus bertanggung jawab hingga selesai. Terus, apakah dengan adanya kejadian ini, Bank Mandiri akan berhenti memberikan bantuan seperti pembuatan sumur? Jawabannya adalah tidak. Sebab, kejadian tersebut merupakan kejadian alam yang tidak bisa kita prediksi dan hal seperti ini wajar terjadi. Lalu, solusinya seperti apa? Solusinya ialah kegiatan CSR tetap kita lakukan kemudian untuk masalah yang terjadi ini Bank Mandiri harus tetap memantau dan bekerja sama dengan pihak yang ahli dalam bidang ini hingga masalah ini terselesaikan.

Bab 3 Penutup

3.1     Kesimpulan
       Kesimpulan dari saya adalah PT Bank mandiri Tbk telah melakukan CSR nya dengan baik. PT Bank Mandiri Tbk juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan di Indonesia terlihat dari CSR yang telah dilakukanya.
       Selain pendidikan, PT Bank Mandiri Tbk juga peduli terhadap kondisi lingkungan, meskipun sebenarnya perushaan bank itu jarang atau bahkan tidak menyebabkan polusi lingkungan seperti pabrik-pabrik. Hal ini menjadi salah satu nilai tambah untuk PT Bank Mandiri Tbk.

3.2     Saran
       Saran saya untuk CSR PT Bank Mandiri Tbk dari segi kegiatan yang dilakukan saya rasa sudah cukup. Hanya saja dari segi informasi alangkah baiknya kalau website resminya tentang CSR terus diupdate. Sebab, data yang saya dapatkan di website resmi Mandiri hanya sebatas tahun 2015 ke bawah. Untuk tahun 2016 ke atas datanya tidak ada. Kalau pun kita ingin mengetahuinya kita bisa lihat dari berbagai media berita online yang ada di internet. Tapi, akan lebih bagus lagi apabila segala data CSR yang pernah dilakukan di posting di website resmi Bank Mandiri.





Daftar Pustaka

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Waralaba "Chatime"

Review Jurnal (TUGAS MSDM Lanjutan)

Laporan Kunjungan ke Pabrik Napolly Palembang - STIE MDP