CSR (Corporate Social Responsibility) atau Tanggung Jawab Sosial PT Bank Mandiri Tbk
Analisis
Permasalahan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan/ CSR PT Bank Mandiri Tbk
Disusun
Oleh :
Nursiti
Hardiyanti
Manajemen
1B Angkatan 2017
Sekolah
Tinggi Ilmu Ekonomi MDP Palembang
Kata
Pengantar
Dengan menyebut nama
Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Puji dan syukur saya panjatkan
karena berkat ridho-Nya lah tugas ini dapat dibuat. Tidak lupa pula saya
sampaikan terima kasih kepada orang tua, teman-teman, dan Ibu Charisma yang
telah banyak membantu saya dalam menyelesaikan tugas ini.
Adapun tugas yang saya
buat kali ini berjudul “Analisis Permasalahan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan/
CSR PT Bank Mandiri Tbk". Dengan tujuan untuk memenuhi nilai tugas yang
diberikan oleh Ibu Charisma selaku dosen Pengantar Bisnis saya.
Tak ada hal yang
sempurna di dunia ini kecuali Tuhan YME. Begitu pula dengan tugas yang saya
buat ini. Sesungguhnya saya juga masih belajar untuk menjadi lebih baik lagi.
Maafkanlah apabila terdapat banyak kekurangan dan hal-hal yang kurang tepat.
Demikianlah tugas ini
saya buat. Mudah-mudahan tugas ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi
semua pembaca. Terima Kasih.
Palembang,
Oktober 2017
Penyusun
Daftar
Isi
Judul
dan Cover
Makalah........................................................................................................................1
Kata
Pengantar........................................................................................................................................2
Daftar
Isi..................................................................................................................................................3
Bab
1 Pendahuluan..................................................................................................................................4
1.1Latar Belakang.......................................................................................................................4
1.2Rumusan Masalah..................................................................................................................4
1.3Tujuan....................................................................................................................................4
Bab
2 Isi..................................................................................................................................................4
2.1 Pengertian CSR.....................................................................................................................4
2.2 Peran
CSR.............................................................................................................................5
2.3 Manfaat
CSR.........................................................................................................................5
2.4 Hukum yang Mengatur Tentang CSR…...............................................................................5
2.5 Macam-macam Tanggung Jawab Sosial/
CSR.....................................................................6
2.6 CSR PT Bank Mandiri Tbk.…….…………………………………............……………….6
2.7 Analisis CSR PT Bank Mandiri Tbk...................................................................................10
Bab
3 Penutup.......................................................................................................................................12
3.1
Kesimpulan.........................................................................................................................12
3.2
Saran....................................................................................................................................12
Daftar
Pustaka.......................................................................................................................................13
Bab
1 Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang
Seiring banyaknya
perusahaan yang berdiri saat ini, tentu banyak pula persaingan yang terjadi di
antara perusahaan-perusahaan tersebut. Agar perusahaan-perusahaan tersebut
tetap bisa bertahan, mereka harus sadar akan pentingnya hubungan dengan
masyarakat. Dari hubungan dengan masyarakat ini, suatu perusahaan bisa
mendapatkan dukungan supaya bisa tetap bertahan. Nah, dukungan dari masyarakat
ini bisa berupa kepercayaan. Tentu, kepercayaan masyarakat tidak bisa langsung
didapatkan. Agar bisa memperoleh kepercayaan masyarakat tersebut, maka
perusahaan-perusahaan melakukanlah kegiatan atau hubungan bersama masyarakat
melalui sebuah konsep yang dinamakan Corporate
Social Responsibility atau biasa disingkat CSR.
Selain itu juga, yang
paling utama adalah CSR adalah bentuk kesadaran suatu perusahaan bahwa usaha
yang dilakukan perusahaan tersebut memiliki dampak terhadap lingkungan.
1.2 Rumusan
Masalah
1. Sudahkah
PT Bank Mandiri Tbk melakukan CSR?
2. Seperti
apa bentuk CSR yang dilakukan PT Bank Mandiri Tbk?
3. Apakah
CSR yang dilakukan PT Bank Mandiri Tbk sudah baik/ sesuai?
1.3 Tujuan
Tujuan dilakukannya
analisis ini agar kita bisa memahami seperti apa konsep Corporate Social Responsibility (CSR) itu melalui salah satu contoh kasus nyata,
yaitu PT Bank Mandiri Tbk.
Bab
2 Isi
2.1 Pengertian
Corporate Social Responsibility (CSR)
Menurut Wikipedia : Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial
Perusahaan adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki berbagai
bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di
antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan
dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial,
dan lingkungan.
Oleh karena itu, CSR
berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", yakni suatu
organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus
mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek
ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang
dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk
jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Dengan pengertian
tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan
pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak
negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku
kepentingannya.
2.2 Peran
Corporate Social Responsibility (CSR)
Pada dasarnya CSR
memiliki peran strategis bagi perusahaan, yaitu sebagai bagian dari manajemen
risiko khususnya dalam membentuk katup pengaman sosial (social security).
Selain itu melalui CSR perusahaan juga dapat membangun reputasinya, seperti
meningkatkan citra perusahaan maupun pemegang sahamnya, posisi merek
perusahaan, maupun bidang usaha perusahaan.
2.3 Manfaat
Corporate Social Responsibility (CSR)
Manfaat Corporate Social Responsibility (CSR)
terbagi menjadi dua, yaitu manfaat bagi masyarakat dan manfaat bagi perusahaan.
1. Manfaat
bagi masyarakat :
Bagi masyarakat CSR bisa menjadi
penilaian masyarakat terhadap suatu perusahaan. Masyarakat juga bisa
mendapatkan keuntungan berupa bantuan yang telah diberikan oleh perusahaan
sebagai upaya peningkatan kehidupan masyarakat agar lebih maju dan baik lagi.
2. Manfaat
bagi perusahaan :
CSR sangat penting bagi perusahaan.
Dengan dilaksanakannya program CSR, perusahaan telah mampu
mempertanggungjawabkan dari kegiatan usaha yang telah dilakukannya. CSR ini
juga mampu membantu menaikkan citra perusahaan, baik dari sudut pandang
karyawan, konsmen, masyarakat, kreditur, investor, dan pemerintah. Bila
karyawan puas akan CSR yang telah dilakukan suatu perusahaan, maka
produktivitas karyawan akan meningkat dan juga bisa meningkatkan penghasilan.
Untuk konsumen dan masyarakat CSR sangat penting, apabila nama perusahaan telah
baik di mata konsumen maupun masyarakat, maka perusahaan akan disukai oleh
masyarakat. Begitu juga untuk kreditur, investor, dan pemerintah. Suatu
perusahaan yang melakukan CSR dengan baik, maka akan mendapatkan citra positif
dari masyarakat. Kreditur tidak akan ragu untuk meminjamkan uangnya di
perusahaan tersebut, investor akan tertarik menanamkan modalnya, dan pemerintah
akan mendukung kegiatan perusahaan tersebut.
2.4 Hukum yang Mengatur Tentang CSR di Indonesia
Terdapat beberapa peraturan
di Indonesia yang mengatur tentang pemberlakuan CSR di Indonesia, di antaranya
:
1. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan
Terbatas
2.
Peraturan
pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
Perseroan Terbatas
3.
Undang-Undang
Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal
4.
Undang-Undang
Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara
5.
Peraturan
Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor 05/MBU/2007 tentang Program
Kemitraan Badan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan
2.5 Macam-Macam
Tanggung Jawab Sosial/ CSR
1.
Tanggung jawab terhadap karyawan
Contohnya suatu
perusahaan harus menjamin keselamatan karyawannya dan mencegah tindakan
kekerasan dalam bekerja.
2.
Tanggung jawab terhadap pelanggan
Contohnya suatu
perusahaan menjamin kualitas produk mereka untuk memuaskan pelanggan.
Perusahaan juga membuka layanan konsumen yang berfungsi sebagai penerima
keluhan dan saran dari pelanggan.
3.
Tanggung jawab terhadap investor
Contohnya perusahaan
menunjukan laporan keuangan secara periodik dan memaksimalkan harga saham.
4.
Tanggung jawab terhadap kreditur
Contohnya perusahaan
membayar hutang tepat waktu.
5.
Tanggung jawab terhadap lingkungan
Contohnya suatu
perusahaan harus memastikan bahwa usahanya tidak menyebabkan polusi lingkungan.
6.
Tanggung jawab terhadap komunitas
Contohnya perusahaan
memberikan sponsorship pada suatu kegiatan masyarakat.
2.6 Corporate Social Responsibility (CSR)
PT Bank Mandiri Tbk
Berdasarkan website csr.mandiri.co.id, hingga saat ini banyak
sekali kegiatan CSR yang telah dilakukan oleh PT Bank Mandiri Tbk, berikut di
antaranya :
1. Surabaya, 14 September 2014 – Bank Mandiri memberikan bantuan senilai total
Rp1,215 miliar untuk mengembangkan sarana kesehatan di wilayah Surabaya, Jawa
TImur.
2. Jakarta, 1 September 2014 –
Bank Mandiri menyumbangkan tiga truk sampah kepada Pemerintah Provinsi DKI
Jakarta untuk mendukung pengelolaan sampah di ibukota.
3. Bank Mandiri memberikan apresiasi
senilai Rp2,533 miliar dalam bentuk tabungan kepada guru, Kepala Sekolah dan
Pengawas Sekolah berprestasi sebagai realisasi komitmen dalam mengembangkan
pendidikan di Tanah Air.
4. Jakarta, 13 Agustus 2014 –
Bank Mandiri memberikan kuliah kewirausahaan kepada 1.650 mahasiswa di 18
Perguruan Tinggi negeri dan swasta di berbagai wilayah Indonesia.
5. Bank mandiri menggelar acara Mudik
Gratis Bersama Bank Mandiri dan PBNU di Jakarta pada Minggu, 20 Juli 2014.
6.
Bank mandiri menggelar Pasar Murah
menjelang idul fitri di Markas Paspampres pada Senin, 21 Juli 2014.
7. Bank mandiri menggelar acara Pasar Murah
menjelang idul fitri di Mabes polri Jakarta pada Kamis, 17 Juli 2014.
8.
Jakarta, 11 Juli 2014 –
Bank Mandiri menyerahkan bantuan kepada 1.000 anak yatim senilai total Rp370
juta.
9. Jakarta, 22 Oktober
2015 – Bank Mandiri mendorong pembentukan
pemimpin berjiwa wirausaha melalui program Mandiri Edukasi.
10. Pandeglang,
8 Agustus 2015 – Bank Mandiri menyerahkan air
bersih sebanyak 50 tangki (@ 5.000 liter) untuk digunakan warga masyarakat di
Kecamatan Kabupaten Pandeglang, Banten untuk membantu masyarakat setempat
mengatasi permasalahan krisis air akibat musim kemarau berkepanjangan.
11. Jakarta, 10
Juli 2015 – Bank Mandiri menggelar pasar murah untuk
membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat sekitar wilayah Mabes TNI menjelang
hari raya Idul Fitri 1436 H.
12. Yogyakarta, 20 Desember 2014
– Bank Mandiri memperkenalkan Lexipal, sebuah aplikasi cara pendidikan terbaru
untuk membantu orang tua dan tenaga medis mempermudah anak Dyslexia
belajar.
13. Jakarta,
8 Juli 2015 – Himpunan Bank-bank milik Negara
(Himbara) menggelar buka puasa bersama serta memberikan santunan kepada 1.200
anak yatim piatu di Medan.
14. Jakarta,
3 Oktober 2014 – Bank Mandiri mendirikan
inkubator bisnis untuk mengembangkan kewirausahaan di Indonesia. Mandiri
Inkubator Bisnis ini nantinya akan menciptakan ekosistem pendukung yang
dibutuhkan wirausahaan muda untuk memperkuat bisnis.
15. Jakarta, 12 Maret 2015
– Ajang Kewirausahaan Mandiri 2014 menghasilkan 20 jawara pengusaha dan
inovator muda potensial yang siap berkontribusi aktif dalam membangun
Indonesia. Selain penghargaan, para jawara tersebut juga akan mendapatkan
bantuan pengembangan bisnis serta pendampingan dalam pengelolaan keuangan dan
pemasaran
.
2.7 Analisis
CSR PT Bank Mandiri Tbk
Dari CSR PT Bank Mandiri Tbk yang telah dipaparkan di atas
adalah sebagian kecil saja dari CSR yang pernah dilakukan oleh PT Bank Mandiri
Tbk karena data aslinya banyak, saya hanya mengambil contoh beberapa dari
website resminya. Menurut pendapat saya, CSR yang dilakukan oleh PT Bank
Mandiri hingga saat ini telah cukup baik. Dari CSR tersebut juga terlihat
berbagai macam tanggung jawab sosial yang terdiri dari enam macam seperti yang
telah saya paparkan di bagian teori, yaitu tanggung jawab terhadap karyawan,
pelanggan, investor, kreditur, lingkungan, dan komunitas.
Salah satu contohnya adalah menyumbangkan truk sampah dan
menyumbangkan air bersih kepada masyarakat yang merupakan bagian dari CSR
terhadap lingkungan.
Dari analisis saya, CSR PT Bank Mandiri Tbk lebih banyak menekankan
pada dunia pendidikan, lingkungan, dan komunitas. Terlihat dari contoh-contoh CSR
di atas seperti tabungan berprestasi, pemberian air bersih, mudik gratis, dan
pasar murah. Kalau CSR terhadap investor, kreditur, dan karyawan memang tidak
terlalu terlihat jelas. Tetapi, sebenarnya dari semua kegiatan yang telah
dilakukan inilah secara tidak langsung termasuk CSR kepada investor, kreditor,
dan karyawan. Khusus yang CSR terhadap karyawan saya tidak menemukan data yang
valid atau resmi dari Bank Mandiri, contohnya seperti adakah asuransi bagi
pegawai Bank Mandiri, adakah jaminan bahwa mereka bekerja dengan nyaman dan
tidak di bawah tekanan, dll. Tetapi menurut pendapat saya pribadi, sepertinya
CSR terhadap karyawan ini ada, hanya saja tidak dipublish atau bisa saja
menjadi data internal dari Bank Mandiri
Kemudian, CSR yang menurut saya adalah salah satu unggulan
dari Bank mandiri adalah “Ajang Wirausaha Muda Mandiri”. Kegiatan ini awalnya
dimulai pada tahun 2007 yang telah diikuti oleh 36ribu peserta dari seluruh
Indonesia. Ajang Wirausaha Muda Mandiri ini adalah sebuah kontes dimana seluruh
pengusaha muda yang ada di Indonesia memaparkan proposal tentang usaha yang
akan atau sedang mereka rintis. Apabila usaha kita cukup meyakinkan, maka Bank
Mandiri akan memberikan kita hadiah berupa tambahan modal. Jadi, dengan adanya
kegiatan ini Bank Mandiri mampu untuk membangkitkan antusias jiwa pengusaha
muda untuk memulai atau berani memulai usaha.
Dari pemaparan saya, itu semua adalah kelebihan dari CSR PT
Bank Mandiri Tbk. Nah, apakah ada kasus
atau permasalahan yang pernah di alami oleh CSR PT Bank Mandiri Tbk? Seperti
korupsi dana CSR atau CSR yang memiliki dampak yang buruk, dsbt. Sejauh dari data
yang saya peroleh hingga saat ini, saya
tidak menemukan adanya bentuk penyelewangan dana atau sejenisnya. Tetapi, ada
sebuah berita yang baru-baru ini saya baca tentang CSR PT Bank Mandiri yang
bersumber dari www.pikiran-rakyat.com.
Berita tersebut di posting pada tanggal 24 Oktober 2017, yang berjudul Semburan
Lumpur Panas di Parung Ponteng Kagetkan Warga.
SEMBURAN
lumpur panas muncul di lokasi pengeboran sumur kedalaman 40 meter di Kampung
Sindangrasa, Desa Cigunung, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya.
Dari berita tersebut kita
tahu bahwa masalah yang dihadapi terkadang tidak melulu berasal dari individu
seperti penyelewengan dana yang saya sebutkan tadi. Tidak semua niat dan
rencana dapat berjalan baik. Buktinya ialah contoh tersebut, Bank Mandiri ingin
memberikan bantuan berupa membuat sumur baru bagi masyarakat, tetapi
kenyataannya bukannya keluar air justru lumpur panas. Artinya, faktor alam juga
turut mempengaruhi.
Jika yang terjadi demikian,
PT Bank Mandiri Tbk tidak boleh lepas tangan. Mereka harus bertanggung jawab
hingga selesai. Terus, apakah dengan adanya kejadian ini, Bank Mandiri akan
berhenti memberikan bantuan seperti pembuatan sumur? Jawabannya adalah tidak. Sebab,
kejadian tersebut merupakan kejadian alam yang tidak bisa kita prediksi dan hal
seperti ini wajar terjadi. Lalu, solusinya seperti apa? Solusinya ialah
kegiatan CSR tetap kita lakukan kemudian untuk masalah yang terjadi ini Bank
Mandiri harus tetap memantau dan bekerja sama dengan pihak yang ahli dalam
bidang ini hingga masalah ini terselesaikan.
Bab
3 Penutup
3.1
Kesimpulan
Kesimpulan dari saya adalah PT Bank mandiri Tbk telah
melakukan CSR nya dengan baik. PT Bank Mandiri Tbk juga memiliki kepedulian
yang tinggi terhadap pendidikan di Indonesia terlihat dari CSR yang telah
dilakukanya.
Selain pendidikan, PT Bank Mandiri Tbk juga peduli terhadap
kondisi lingkungan, meskipun sebenarnya perushaan bank itu jarang atau bahkan
tidak menyebabkan polusi lingkungan seperti pabrik-pabrik. Hal ini menjadi
salah satu nilai tambah untuk PT Bank Mandiri Tbk.
3.2
Saran
Saran saya untuk CSR PT Bank Mandiri Tbk dari segi kegiatan
yang dilakukan saya rasa sudah cukup. Hanya saja dari segi informasi alangkah
baiknya kalau website resminya tentang CSR terus diupdate. Sebab, data yang
saya dapatkan di website resmi Mandiri hanya sebatas tahun 2015 ke bawah. Untuk
tahun 2016 ke atas datanya tidak ada. Kalau pun kita ingin mengetahuinya kita
bisa lihat dari berbagai media berita online yang ada di internet. Tapi, akan
lebih bagus lagi apabila segala data CSR yang pernah dilakukan di posting di
website resmi Bank Mandiri.
Daftar Pustaka
90
BalasHapus