Manajemen SDM pada Ayam Bakar Waroeng 11 Kota Palembang


Tugas Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan



Nama Kelompok :
Nursiti Hardiyanti (1721200094)
Sonia Wanda Aprilia (1721200088)
Fathimah Alyvia (1721200107)
Sheva Desvi (1721200113)
Merlisa KJ (1620200094)

Dosen Pengampuh : Charisma Ayu Pramudhita, B.Tech., Mgt., MHRM
Semester IV Jurusan Manajemen
Tahun 2019
STIE Multi Data Palembang
Kata Pengantar
Tulisan kali ini merupakan pemenuhan untuk nilai tugas mata kuliah MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) lanjutan di Kampus STIE Multi Data Palembang. Adapun tujuan dari tugas ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan proses MSDM di lingkungan nyata. Contoh yang kami ambil adalah restoran Ayam Bakar Waroeng 11 yang terletak di Jalan Bangau Kota Palembang.

Manajemen SDM di Ayam Bakar Waroeng 11 Kota Palembang



Nama Restoran : Waroeng 11
Lokasi : Jl. Bangau no 13 Kel Duku Kec Ilir Timur II Kota Palembang Sumatera Selatan
Jam Buka : Senin – Sabtu dari pukul 09.00 – 21.00 WIB
Nama Pemilik : Rian

Tentang Usaha
Ayam Bakar Waroeng 11 atau lebih dikenal dengan sebutan Waroeng 11 merupakan rumah makan bergaya Sunda yang terletak di Jalan Bangau Kota Palembang. Meskipun dinamakan Ayam Bakar Waroeng 11, restoran yang berdiri pada tahun 2015 ini nyatanya tidak hanya menyajikan ayam bakar sebagai menunya tetapi juga terdapat menu lain seperti pecel lele, ikan nila bakar, ikan bandeng bakar, pindang patin, pindang bandeng, dan sop ayam.
Proses Rekruitmen
Dalam proses rekruitmen, Waroeng 11 masih menggunakan cara tradisional yaitu mouth to mouth. Berdasarkan wawancara kami beberapa waktu yang lalu, Rian selaku pemilik restoran mengatakan bahwa Waroeng 11 tidak menggunakan media cetak maupun online dalam urusan perekrutan. Pemilik mencari pegawai berdasarkan kenalannya sendiri ataupun kenalan  pegawainya. Diketahui bahwa saat ini pegawai yang bekerja di restoran Waroeng 11 rata-rata berasal dari luar Kota Palembang. Ketika restoran membutuhkan pegawai tambahan, pemilik akan “menitipkan” pesan kepada pegawai yang pulang kampong agar menawarkan pekerjaan tersebut kepada kerabat yang ada di kampung.

Proses Pelatihan
Pegawai yang baru direkrut tidak dituntut untuk memiliki kemampuan khusus atau pengalaman khusus, yang terpenting pegawai tersebut disiplin, rajin, dan mau menerima arahan dari pemilik. Dimana nantinya pasti akan diajarkan apa dan bagaimana pekerjaan yang harus dilakukan pegawai tersebut.

Hambatan MSDM
Sejauh ini, pemilik menyatakan bahwa dalam urusan kepegawaian semuanya berjalan dengan baik, jarang sekali ditemukan masalah. Paling kalau ada hambatan itu berasal dari perbedaan bahasa, budaya, dan kebiasaan karena rata-rata pegawai berasal dari luar Palembang. Tentunya pemilik sudah memperhitungkan dampak yang akan dirasakan dari rekruitmen pagawai yang berasal dari luar Palembang. Dipilihnya pegawai yang berasal dari luar Palembang bukan karena tidak ada alasan. Hal ini disebakan karena Waroeng 11 sendiri bergaya Sunda, oleh karena itu demi menghidupkan suasana yang kental khas Sunda dibutuhkan orang asli daerah Sunda.

Membangun Kerjasama Tim
Demi terjalin kerjasama yang solid di antara pegawai, pemilik sering bertukar cerita dan mengajar ngobrol pegawai untuk mengenal karakter dari si pegawai tersebut. Tentunya hal ini dilakukan pada waktu senggang atau istirahat sehingga tidak menganggu pekerjaan. Dengan memahami karakter dari pegawainya, pemilik bisa mengetahui apa kekurangan dan kelebihan pegawainya. Meskipun tidak dijelaskan secara spesifik, pemilik menyatakan bahwa akan ada reward bagi pegawai yang kinerja kerjanya baik. Tujuan diberikannya reward adalah sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras pegawai.

Proses Pemberhentian Pegawai
Di dalam dunia kerja, pasti ada saja pegawai yang kerjanya baik dan buruk. Jika ditemukan pegawai yang kinerjanya buruk, pemilik tidak langsung memecat pegawai tersebut. Paling pegawai tersebut ditegur. Menurut pemilik, wajar saja jika pegawai melalukan kesalahan karena semua yang ada di restoran itu masih belajar. Jadi dari pada langsung dipecat lebih baik diajarkan agar tidak melakukan kesalahan. Lagipula terdapat unsur ketidaktegaan jika harus langsung memecat karyawan.

Demikianlah laporan hasil penelusuran kami terhadap proses MSDM di Ayam Bakar Waroeng 11 Kota Palembang.

Cuplikan Video Wawancara bersama Pemilik Ayam Bakar Waroeng 11 Kota Palembang :

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Waralaba "Chatime"

Review Jurnal (TUGAS MSDM Lanjutan)

Laporan Kunjungan ke Pabrik Napolly Palembang - STIE MDP